Ibu Ani Bunda PAUD 2011

Ibu Ani Bunda PAUD 2011 300x258 Ibu Ani Bunda PAUD 2011Ibu Ani Bunda PAUD 2011
Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, menghadiri acara puncak Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Dalam kesempatan ini, Ibu Negara ditetapkan menjadi Bunda PAUD Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih telah dipilih menjadi Bunda PAUD. Saya akan mengemban tugas ini tidak hanya sebagai simbol, tapi juga dibuktikan dengan kerja keras dan nyata untuk lebih baik lagi,” kata Ibu Ani.

Dalam sambutannya, Ibu Negara berharap agar pemerintah melalui Kemendikbud dapat terus memberikan dukungan penuh terhadap PAUD. “Saya berharap peran Mendikbud untuk dapat memberikan standarisasi bagi guru-guru PAUD,” ujar Ibu Ani disambut tepuk tangan para hadirin. “Agar mereka dapat diberi pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan ilmu praktis Pendidikan Anak Usia Dini,” Ibu Ani menambahkan.

Ibu Ani juga meminta para guru PAUD bisa menciptakan metode belajar yang kreatif dengan menggunakan potensi budaya dan alam sekitarnya. Ibu Ani memberi contoh lagu Lihat Kebunku, sebagai salah satu cara untuk mengenalkan anak-anak kepada alam di sekitarnya.

Menurut Ibu Negara, hal lain yang tidak bisa diabaikan adalah pengembangan karakter anak. Usia emas atau golden ages bagi anak adalah pada usia 0-6 tahun. Pada periode ini otak anak sedang berkembang dengan pesat, mereka akan mampu menyerap hal-hal yang ada di depannya, sehingga berpengaruh terhadap karakter dan moral anak.

“Dengan pendidikan karakter itu, diharapkan anak tumbuh dengan paripurna,” kata Ibu Ani. “Kalau dari usia ini dia sudah melihat hal-hal yang tidak baik maka itu yang akan diserap,” tambahnya.

250x250 Ibu Ani Bunda PAUD 2011

Oleh karena itu, Ibu Ani meminta kepada para orang tua untuk menemani anak ketika menonton televisi, dan selektif dalam memilih tayangan. “Lihatlah tayangan televisi secara selektif. Kalau ada kekerasan jangan ditonton. Jangan disuguhi tayangan yang sifatnya tidak mendidik,” Ibu Ani menegaskan.

Penetapan Ibu Ani sebagai Bunda PAUD Indonesia 2011 dilakukan secara simbolis. Ibu Ani menerima plakat dari seorang anak. Selain itu, Mendikbud M Nuh menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Bupati Gorontalo David Bobiho Akib, Bupati Boalemo Iwan Bokings, dan Bupati Bondowoso Amin Said Husni atas prestasi mereka dalam program Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.

Diberikan pula penghargaan kepada 3 pendidik PAUD Tim Fasilitator Masyarakat/Tim Pengelola Kegiatan Terbaik, 1 pemenang Lomba Cipta Gerak dan Lagu Anak Tingkat Nasional, 1 pemenang lomba Mendongeng Tingkat Nasional, dan 1 pemenang lomba Gugus PAUD.

Usai memberikan sambutan, Ibu Negara berjalan keluar menuju tenda di luar gedung yang sudah dipenuhi anak-anak. Ibu Ani kemudian memainkan angklung bersama anak-anak membawakan agu Kasih Ibu. Hadir pula Menag Suryadarma Ali.

pixel Ibu Ani Bunda PAUD 2011



Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.